Rabu, Januari 06, 2010

Menulis Dengan Indah

Menulis, bukan pekerjaan yang sulit, tapi juga bukan merupakan hal yang mudah. Kalimat yang terlalu pendek, terkadang belum mewakili isi yang hendak disampaikan. Kalimat yang terlalu panjang, terkadang malah mengaburkan makna yang hendak diutarakan.

Aku juga bukan orang yang pandai menulis. Aku hanya menulis di saat aku ingin menulis, itupun hanya berupa puisi atau prosa pendek, dan tak jarang tulisan itu terselip begitu saja dan akhirnya terlupakan. Ada saat-saat dimana keinginan menulis begitu kuat, tapi saat kucoba untuk kutorehkan, satu kalimat pertama terasa begitu sulit untuk dikeluarkan. Kadang kucoba untuk menulis cerita pendek. Kutulis sebuah cerita, dan pada akhirnya aku bingung bagaimana cara menyelesaikannya. Jadi, kalimat penutup pun kadang juga tak mudah untuk ditemukan.

Saat menyelesaikan satu bacaan dari buku-buku novel koleksiku, sering terpikir sesudahnya, butuh waktu berapa lama untuk menulis satu buku yang baru saja selesai aku baca ini. Sementara aku sendiri, bisa butuh waktu berjam-jam untuk menulis satu artikel pendek di blog. Karena itu, aku selalu mengagumi pengarang buku yang bisa membuatku membuka bukunya tanpa henti, ataupun menyayangkan saat aku sudah sampai pada halaman terakhirnya. Membaca buku-buku seperti ini hampir sama penasarannya dengan memainkan sebuah game RPG yang membuat kita selalu penasaran dan selalu ingin tahu apa yang akan kita hadapi selanjutnya.

Menulis, memang tidak pernah mudah. Mungkin bisa dibilang menulis adalah talenta, sehingga tidak semua orang bisa. Yang jelas, aku sangat menghargai tulisan-tulisan yang mampu membuat pembacanya terhanyut, tulisan-tulisan yang terlihat indah dan seolah mempunyai 'jiwa' karena mampu meninggalkan kesan di hati pembacanya.

Tidak ada komentar: